Monday, May 01, 2006

My development tools

Bismillahirrahmanirrahim
Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Just like a soldier... :P
As a programmer, I also have some tools I used to finish my tasks.
Ada sebuah preview sedikit tentang pekerjaan saya sekarang. Jabatan saya saat ini adalah system development officer. Yach, kerjaannya 'kotor' alias coding, coding, dan coding. Tapi karena saya gak terlibat dalam proses pembuatan software ini dari scratcth (karena aplikasi yang saya maintain dan enhance sekarang produksi vendor luar), saya cuma kebagian building some new modules atau fixing bugs.
But I think it's not a big problem.. yang penting bisa tetep bekerja dengan baik dan ada banyak hal yang masih bisa dipelajari..

Tools pertama adalah IDE (Integrated Development Environment). Ada dua IDE untuk Java yang sangat terkenal yaitu NetBeans dan Eclipse. Dan IDE yang saya pilih untuk digunakan dalam pekerjaan saya sehari-hari adalah Eclipse. Mengapa? Sebenarnya alasannya lebih ke preference pribadi saja, terlebih karena di Eclipse cukup dengan menekan Ctrl+Shift+R kita bisa membuka seluruh resource yang ada di opened project (fitur ini belum saya temukan di NetBeans versi terbaru/5.0).

Ok2.. setelah IDE, tools lain yang saya perlukan adalah CVS client. Sebenarnya di Eclipse telah disediakan fitur CVS client, akan tetapi ada beberapa hal yang belum saya temukan di Eclipse untuk fitur CVS. Contohnya fitur graph (untuk melihat versi source sekaligus untuk membandingkannya). Oleh karena itu, saya menggunakan WinCVS sebagai repository client. Ada lagi repository client lain semisal Tortoise, tetapi saya lebih memilih WinCVS karena telah memiliki front-end GUI tersendiri.

Apa lagi yach..???
Hmm, untuk database saya menggunakan Oracle 9i. Editor SQL dan PL/SQL yang saya gunakan untuk database Oracle 9i tersebut adalah TOAD. Design UML menggunakan Jude. SSH client menggunakan Putty dan aplikasi FTP browser menggunaka FileZilla.

Hmmm, ternyata lumayan banyak juga yach. Tapi yang pasti setiap hari saya tetap harus berinteraksi dengan Eclipse... :D
Detil dari tiap aplikasi yang saya gunakan Insya Allah akan saya sampaikan pada tulisan-tulisan berikutnya.. So, stay tuned..

Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

1 comment:

Ilmi Aji said...

saya jg lagi bingung nih make netbeans atau eclipse, klo gugel tutorial2 kayanya banyakan pake metbeans