Monday, May 01, 2006

Programmer, a dirty job ???


Bismillahirrahmanirrahim
Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Inilah stigma yang muncul di kalangan 'lulusan' baru TI. Programmer adalah pekerjaan 'kotor'. Karena kita bakal berurusan dengan code, code, dan hanya code....
Kebanyakan temen2 yang udah lulus gak pengen ngambil kerjaan yang masih berurusan dengan coding, alasan yang mereka kemukakan antara lain.. "gw udah cape coding mulu waktu kuliah" atau ada lagi yang punya alasan.. "gw gak mau kerja yang bikin gw pusing (waktu ngelihat lowongan programmer)..", dan ada lagi yang bilang "percuma dunk gw lulus dari ***** kalo cuma jadi programmer..". My friends, you've hurted my heart.

Ah.. emang susah juga sich, namanya juga gak suka. Kalaupun suka, hanya dipaksakan. Inilah yang kemudian menyebabkan kualitas lulusan IT di Indonesia semakin menunjukkan penurunan secara kualitas. Saat ini, banyak mahasiswa yang mengambil kuliah IT hanya karena mereka menganggap bahwa prospek kerja bidang IT masih terbuka lebar dan sangat menjanjikan. Tapi ada satu hal yang dilupakan, sudah terlalu banyak orang yang berpikiran sama. Akibatnya saat ini diperkirakan setiap tahunnya di Indonesia lulusan IT mencapai sekitar 20.000 orang. Padahal daya serap dunia industri tidak sebesar itu. Konsekuensi yang kemudian timbul adalah persaingan yang makin tinggi di dunia IT. Ditambah lagi sebagian besar lulusannya masih milih2 kerja.. :P

Grow up man... gak semua yang lo pengen bakal lo dapet.. :P
Kadang kita juga harus mulai dari 'bawah' buat bisa sukses..
Lagipula, programming itu 'art'.. dan sebenarnya gak memusingkan kok...
So, prepare yourself.. Siapin segala amunisi buat bisa nembus dunia kerja... Skill dan pengalaman adalah hal yang terpenting saat ini..

Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

1 comment:

Anonymous said...

Guwe dah 'angrem' di dunia programmer hampir 2 tahun, it's fine sebagai suatu pekerjaan, coz bikin kita tambah pinter dengan coding (plus tambah pusing:D)

Tapi nyantai aja coy, kalo lo gak tahan, masih banyak kerjaan lainnya, yang duitnye lebih gede daripada seorang programmer:)

tapi kalo lo bisa, duitnye juga bisa nyesuain koq;)